Selamat Datang di www.binmut.blogspot.com, Konsep dari blog ini adalah B3+1: Berbagi Informasi, Berbagi Ilmu, Berbagi Rezeki dan berharap blog ini BERMANFAAT bagi SEMUANYA

Rabu, 10 Februari 2010

Kekuatan Type Keperibadian


Sumber : Buku PERSONALITY PLUS (Florence Littauer)
Bagaimana menggali potensi diri dengan mengenal kekuatan masing – masing type kepribadian ?
Baiklah saya akan jelaskan sedikit tentang kekuatan masing – masing type kepribadian dasar yang ditulis oleh Florence Littauer dalam bukunya yang berjudul Personality Plus. Didalam buku tersebut disebutkan ada 4 type kepribadian dasar dimana kekuatan masing-masing digolongkan berdasakan emosi, pekerjaan, sebagai orang tua, dan sebagai teman :
A.   Kepribadian Sanguiris.
Rata-rata kepribadian ini biasanya populer yaitu seorang yang suka dan pandai berbicara dan selalu optimis. Kekuatan kepribadian ini adalah  :

1.       Emosi : Kepribadian yang menarik, suka berbicara, menghidupkan pesta, rasa humor yang hebat, ingatan kuat untuk warna, secara fisik memukau pendengar, emosional dan demonstratif, antusias dan ekspresif, periang dan penuh semangat, penuh rasa ingin tahu, baik di panggung, lugu dan polos, mudah diubah, berhati tulus, dan selalu kekanak-kanakan.
2.       Pekerjaan : Sukarelawan untuk tugas, memikirkan kegiatan baru, tampak hebat dipermukaan, kreatif dan inovatif, punya energi dan antusiasme, mulai dengan cara cemerlang, mengilhami orang lain untuk ikut, dan mempesona orang lain untuk bekerja.
3.       Sebagai orang tua : Membuat rumah menyenangkan, disukai teman anak-anak, mengubah bencana jadi humor, dan merupakan pemimpin sirkus.
4.       Sebagai teman : Mudah berteman, mencintai orang, suka dipuji, tampak menyenangkan, dicemburui orang lain, bukan pendendam, cepat minta maaf,  mencegah saat membosankan, dan suka kegiatan spontan.

B.   Kepribadian Melankolis.
Kesempurnaan, inilah yang selalu di inginkan oleh seorang melankolis, type kepribadian ini adalah pemikir tetapi kadangkala pesimis. Berikut penjabaran kekuatannya :

1.       Emosi : Mendalam dan penuh pikiran, analistis, serius dan tekun, cenderung jenius, berbakat dan kreatif, artistik atau musikal, filosofis dan puitis, menghargai keindahan, perasa terhadap orang lain, suka berkorban, penuh kesadaran dan idealis.
2.       Pekerjaan : Berorientasi jadwal, perfeksionis, standar tinggi, sadar perincian, gigih dan cermat, tertib dan terorganisasi, teratur dan rapi, ekonomis, melihat masalah, mendapat pemecahan kreatif, perlu menyelesaian apa yang dimulai, suka diagram, grafik, bagan dan daftar.
3.       Sebagai orang tua : menetapkan standar tinggi, ingin segalanya dilakukan dengan benar, menjaga rumah selalu rapi, merapikan barang anak-anak, mengorbankan keinginan sendiri untuk orang lain, mendorong intelegensi dan bakat.
4.       Sebagai teman : hati-hati dalam berteman, puas tinggal dilator belakang, menghindari perhatian,  setia dan berbakti, mau mendengarkan keluhan, bisa memecahkan masalah orang lain,  sangat memperhatikan orang lain, terharu oleh airmata penuh belas kasihan, dan mencari teman hidup ideal.

C.    Kepribadian Koleris.
Biasanya orang yang mempunyai kepribadian ini cenderung kuat, kepribadian ini merupakan pelaku dan selalu optimis.

1.       Emosi : Berbakat pemimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, harus memperbaiki kesalahan, berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional bertindak, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, memancarkan keyakinan, dan bisa menjalankan apa saja.
2.       Pekerjaan : Berorientasi target, melihat seluruh gambaran, terorganisasi dengan baik, mencari pemecahan praktis, bergerak cepat utnuk bertindak, mendelegasikan pekerjaan, menekankan pada hasil, membuat target, merangsang kegiatan dan berkembang karena saingan.
3.       Sebagai orang tua : memberikan kepemimpinan kuat, menetapkan tujuan, memotivasi keluarga untuk kelompok, tahu jawaban yang benar dan mengorganisasi keluarga.
4.       Sebagai teman : Tidak terlalu perlu teman, mau bekerja untuk kegiatan, mau memimpin dan mengorganisasi,, biasanya selalu benar dan unggul dalam keadaan darurat.

D.   Kepribadian phlegmatic.
Seorang yang mempunyai kepribadian sebagai pencinta kedamaian, biasanya suka menjadi pengamat tetapi kadangkala pesimis. Inilah kekuatan yang memiliki kepribadian ini :

1.       Emosi : Kepribadian rendah hati, muah bergaul dan santai, diam tenang dan mampu, sabar, baik keseimbangannya, hidup konsisten, tenang tetapi cerdas, simpatik dan baik hati, menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan, dan serba guna.
2.       Pekerjaan : Cakap dan mantap, damai dan mudah sepakat, punya kemampuan administratif, menjadi penengah masalah, menghindari konflik, baik di bawah tekanan, dan menemukan cara yang mudah.
3.       Sebagai orang tua : Menjadi orang tua yang baik, menyediakan waktu bagi anak-anak, tidak tergesa-gesa, bisa mengambil yang baik dari yang buruk, dan tidak mudah marah.
4.       Sebagai teman :  Mudah diajak bergaul, menyenangkan, tidak suka menyinggung, pendengar yang baik, selera humor yang menggigit, suka mengawasi orang, punya banyak teman, punya belas kasihan, dan perhatian.

Demikianlah ikhtisar dari masing-masing kekuatan tipe kepribadian dasar. Berani bertaruh anda tidak tahu bahwa anda mempunyai asset-aset ini semua ! Sekarang  Anda sudah mengetahui asset tertentu anda, SO …. Buatlah asset itu bekerja untuk ANDA.

Jika ANDA masih bingung dimanakah sebenarnya tipe anda, kembalilah ke blog ini sekitar 3 -5 hari lagi, saya akan membeberkan metode pemeriksaan diri yang cepat sehingga anda akan lebih jelas mengetahui tipe anda.

Kalau masih penasaran dan mau mengupgrade diri anda silahkan beli buku ini di toko buku kota anda, buku ini berjudul PERSONALITY PLUS karangan Florence Littauer diterbitkan oleh Binarupa Aksara Jakarta.

Semoga bermanfaat, Salam B*3*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar